Berbagi Ilmu, Pengalaman, dan Penerapan seputar Dunia Elektronika

Jumat, 01 April 2016

Bentuk-Bentuk Media Transmisi Dalam Telekomunikasi


LAPORAN
SISTEM TELEKOMUNIKASI
DIV ELEKTRONIKA INDUSTRI
POLITEKNIK NEGERI PADANG
Kampus Limau Manis, Padang, Sumbar                             Email: elektronikaindustri15@gmail.com

Kelompok 4:
1)      Bagus Yulianto
2)      Rando Lukito
3)      Audi
4)      Aulia Fitri Humairo
5)      Marina Octavia
6)      Rani Armayni

A.    Judul
Bentuk Media Transmisi pada Sistem Telekomunikasi.

B.     Tujuan
Mengetahui bentuk-bentuk Media Transmisi pada Sistem Telekomunikasi.

C.    Materi
a)      Komponen Telekomunikasi
1)      Informasi, merupakan data yg dikirim/diterima seperti suara, gambar, file, tulisan dan lain sebagainya.
2)      Pengirim, berfungi mengubah informasi menjadi sinyal listrik yg siap dikirim
3)      Media transmisi merupakan alat yg berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima. Karena dalam jarak jauh, maka sinyal pengirim diubah lagi / dimodulasi agar dpt terkirim jarak jauh.
4)      Penerima, berfungsi menerima sinyal listrik & mengubah kedalam informasi yg bisa dipahami oleh manusia sesuai yg dikirimkan.

b)     Pengertian Bentuk Media Transmisi
Bentuk Media Transmisi adalah jenis jalur yang menghubungkan pengiriman data dari pemancar/pengirim ke penerima.

c)      Kegunaan Media Transmisi
Media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti telepon, komputer, televisi, dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya.

d)     Bentuk-Bentuk Media Transmisi
1)      Copper Media
Copper media adalah media transmisi data yang terbuat dari bahan tembaga. Orang biasanya menyebut dengan nama kabel. Data yang dikirim melalui kabel, bentuknya adalah sinyal-sinyal listrik (tegangan atau arus) digital.
·         Coaxial Cable (Kabel Koaksial)
Kabel ini digunakan sebagai kabel antena TV. Disebut juga sebagai kabel BNC (Bayonet Naur Connector). Kabel ini merupakan kabel yang paling banyak digunakan pada LAN, karena memiliki perlindungan terhadap derau yang lebih tinggi, murah, dan mampu mengirimkan data dengan kecepatan standar.

·         Twisted-Pair Cable
Terdiri diri dari 2 jenis, yaitu:

Kabel STP (Shielded Twisted Pair)
Keuntungan menggunakan kabel STP adalah lebih tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik baik dari dari dalam maupun dari luar. Kekurangannya adalah mahal, susah pada saat instalasi (terutama masalah grounding), dan jarak jangkauannya hanya 100m. .

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
Keuntungan menggunakan kabel UTP adalah murah dan mudah diinstalasi. Kekurangannya adalah rentan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik, dan jarak jangkauannya hanya 100m.               .


2)      Optical Media
Ada tiga jenis kabel fiber optic yang biasanya digunakan, yaitu single mode, multi mode dan plastic optical fiber yang berfungsi sebagai petunjuk cahaya dari ujung kabel ke ujung kabel lainnya.

3)      Wireless Network
Saat ini sudah banyak digunakan jaringan tanpa kabel (wireless network), transmisi data menggunakan sinar infra merah atau gelombang mikro untuk menghantarkan data. Walaupun kedengarannya praktis, namun kendala yang dihadapi disini adalah masalah jarak, bandwidth, dan mahalnya biaya. Media transmisi wireless menggunakan gelombang radio frekuensi tinggi. Biasanya gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 2.4 Ghz dan 5 Ghz. Data-data digital yang dikirim melalui wireless ini akan dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnetik ini.

          D.    Kesimpulan
Media transmisi pada jaringan komputer dibedakan menjadi 2 macam, yaitu kabel dan wireless. Cuma dari masing-masing jenis (kabel dan weireless) juga ada banyak lagi ragam pilihan alat yang bisa dipilih dalam membangun sebuah jaringan.




E.     Gambar, Animasi dan Video Bentuk Media Transmisi
Bentuk Media Transmisi

Bentuk Media Transmisi

Bentuk Media Transmisi

Bentuk Media Transmisi

Bentuk Media Transmisi

Bentuk Media Transmisi

Bentuk Media Transmisi


Untuk Video, bisa dilihat dibawah




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor